Prodi Teknik Sipil

Prodi Teknik Sipil

 Program Studi Teknik Sipil dengan misi menghasilkan Sumber Daya Manusia yang professional dan berintegritas untuk mengisi dan atau menciptakan peluang kerja. Prodi Teknik Sipil ini menawarkan program berkeahlian khusus untuk memenuhi kebutuhan industri konstruksi, yaitu program pendidikan jenjang strata satu (S1) sub bidang Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Sumber Daya Air.

Lulusan Prodi Teknik Sipil ini dibekali ilmu pengetahuan dasar, keterampilan dan kemampuan cukup untuk menjadi wirausahawan, perencana, pelaksana, supervisi dan pengambil kebijakan dalam bidang industri konstruksi khususnya di sub bidang Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Sumber Daya Air.

Pelaksanaan proses belajar dan mengajar dilaksanakan pada ruangan dengan fasilitas lengkap, ber AC dan didukung dengan oleh laboratorium ilmu ukur tanah dan komputer, perpustakaan, fasilitas informasi teknologi bagi mahasiswa dan dosen pengampu. Dosen pengampu berpendidikan S3 dan S2 yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang Industri Konstruksi. Dosen tamu bergelar S3 mengusai teori, aplikasi, berpengalaman di luar/dalam negeri selalu diundang memberikan kuliah umum pada setiap akhir semester.

Dosen pengampu dan civitas akademika selalu ikut serta dalam kegiatan ilmiah yang merupakan bagian dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan memberikan masukan/saran terhadap pelaksanaan, pengembangan, inovasi dan pemecahan persoalan rekayasa teknik sipil khususnya sub bidang Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Sumber Daya Air yang timbul di masyarakat.

Kualitas proses belajar dan mengajar menjadi komitmen Prodi Teknik Sipil ini, karena itu kualitasnya selalu dievaluasi dan ditingkatkan secara terus menerus disetiap akhir semester menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Internal dengan masukan data dari mahasiswa meliputi kualitas/kuantitas materi, efektivitas proses belajar mengajar dan kualitas/kemampuan dosen pengampu dalam melaksankan tugas, kewajibannya.

Menjadi program studi Teknik Sipil yang menghasilkan Sumber Daya Manusia professional dan berintegritas untuk mengisi dan atau menciptakan peluang kerja."

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sarjana strata 1 (S1) yang berkarakter kuat, berintegritas, berkualitas dengan keahlian khusus masing-masing pada subbidang Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Sumber Daya Air.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mendukung pengembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada subbidang Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Sumber Daya Air.
  3. Menyelenggarakan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Sumber Daya Air kepada masyarakat lokal, nasional, international dengan melibatkan mahasiswa, civitas akademika dan pemangku kepentingan.
  4. Menyelenggarakan komunikasi dan kerjasama dengan pemangku kepentingan termasuk organisasi professional di bidang Teknik Sipil dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi serta pengembangan sistem proses belajar mengajar.

A . Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Melakukan komunikasi kepada masyarakat dalam setiap kegiatan rekayasa Teknik Sipil antara lain dengan kemampuan memahami/membuat laporan, dokumentasi, perencanaan, presentasi, dan dapat memberikan serta menerima instruksi yang jelas dan efektif.
  4. Berfungsi efektif sebagai individu, anggota masyarakat dan atau sebagai pimpinan dalam suatu kegiatan yang multi disiplin..
  5. Memahami kebutuhan dan memiliki kemampuan untuk terlibat dalam kegiatan kehidupan baik secara mandiri maupun kelompok untuk belajar, mengikuti, mengembangkan, dan berperan aktif dalam perubahan teknologi khususnya rekayasa Teknik Sipil. .
  6. Memperagakan ilmu pengetahuan dan pemahaman tentang rekayasa Teknik Sipil dan prinsip-prinsip pengelolaan serta aplikasi baik sebagai pekerja, pemilik, anggota dan pemimpin dari kelompok kegiatan dalam mengelola proyek serta kegiatan yang multi disiplin.
  7. Memiliki jiwa wirausaha sehingga dapat menjadi wirausahawan yang mandiri dan dapat bersaing dalam era globalisasi atau menjadi pelaksana, perencana dan pengawas dalam kegiatan rekayasa Teknik Sipil yang bersifat wirausaha yang profesional.
B . Penguasaan Pengetahuan
  1. Menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh sesuai dengan konteks-nya untuk menilai kondisi sosial, kesehatan, keselamatan, aspek hukum dan budaya sebagai tanggung jawab moral yang relevan sebagai ahli Teknik Sipil yang profesional .
  2. Memahami dampak yang terjadi dari penyelesaian problema Teknik Sipil secara profesional di masyarakat yang berhubungan dengan lingkungan dan kebutuhan pembangunan berkelanjutan..
  3. Membuat, memilih dan menggunakan metode terbaik, sumber daya, dan rekayasa terbaru dengan menggunakan peralatan informasi teknologi, termasuk melakukan prediksi dan pemodelan suatu sistem dalam aktifitas rekayasa Teknik Sipil dengan memahami batasan-batasan yang diwajibkan.
C . Keterampilan Khusus
  1. Dapat mengaplikasikan ilmu matematika, fisika, dasar-dasar ilmu teknik dan rekayasa Teknik Sipil untuk menyelesaikan problem yang komplek dalam konstruksi Teknik Sipil.
  2. Dapat melakukan identifikasi, formulasi dan studi literatur serta melakukan analisa problema yang komplek dalam Teknik Sipil untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang didasari oleh prinsip-prinsip matematis ilmu pengetahuan dan rekayasa teknologi.
  3. Dapat merencanakan penyelesaian suatu problema komplek dalam Teknik Sipil dan sistem perencanaan, serta proses pelaksanaan sesuai dengan spesifikasi teknik yang diperlukan atas pertimbangan kesehatan masyarakat, keamanan, adat istiadat, kondisi sosial dan aspek lingkungan.
  4. Dapat melakukan infestigasi untuk penyelesaian masalah komplek dalam Teknik Sipil dengan melakukan penelitian dan pengembangan termasuk percobaan perencanaan berdasarkan analisa dan interpretasi data yang akurat.


Information

Fakultas Fakultas Teknik}
Program Akademik Teknik Sipil
Tipe Program Program Sarjana I ( S-I )
Akreditasi BAN PT
Lama Studi 8 semester / 4 tahun (48 bulan)

Galeri