SEJARAH SINGKAT

UNIVERSITAS INDO GLOBAL MANDIRI (UIGM) didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 83/D/O/2008 tanggal 22 Mei 2008, hasil dari merger antara Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) IGM dengan Sekolah Tinggi Teknologi Palembang (STTP) IGM.

 

Pada awalnya UIGM terdiri dari 3 Fakultas, Yaitu :

 

1. Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3), Komputerisasi Akuntansi (D3);

Saat ini Program Studi Teknik Komputer ditingkatkan dari D3 menjadi S1 Sistem Komputer, sedangkan untuk Komputeriasi Akuntansi tidak dilanjutkan, menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

2.   Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Sipil (S1), Teknik Arsitektur (S1), Perencanaan Wilayah dan Kota (S1), Survei dan Pemetaan (D3).

3.   Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Manajemen (S1) dan Akuntansi (S1).

 

Dengan berjalannya waktu, untuk memenuhi permintaan pasar, secara bertahap dikembangkan beberapa Program Studi yang tergabung dalam 2 Fakultas, yaitu :


1.   Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya, terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

2.   Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan yang terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris dan Matematika. Untuk sementara Program studi  Matematika belum dijalankan mengingat keterbatasan minat dari masyarakat.

 

Dengan demikian saat ini Universitas IGM memiliki 5 Fakultas dengan 14 Program Studi. Program Studi dimaksud akan terus dievaluasi, dibuka atau ditutup akan  disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

 

Secara umum, target  pendidikan yang hendak dicapai pada masing-masing tingkatan Program Studi, yaitu :

·   Program S2 bertujuan menghasilkan Sarjana yang memiliki kemampuan mengembangkan berbagai hipotesa dari berbagai permasalahan yang dihadapi dan membuktikan sesuai dengan profesi ilmunya, untuk dijadikan referensi dalam menyelesaikan masalah yang sama di kemudian hari. 

·   Program S1 bertujuan menghasilkan Sarjana  yang mempunyai kemampuan menganalisis suatu permasalahan dan mengembangkan alternatif solusinya serta dapat mengimplementasikannya sesuai bidang ilmu yang dimiliki.

·   Program D3 bertujuan menghasilkan tenaga profesional Ahli Madya (AMd) yang mempunyai kemampuan teknis dan wawasan untuk mengimplementasikan keahliannya sesuai bidang ilmu yang dimiliki.


Waktu yang diperlukan selama menempuh Pendidikan di UIGM, yaitu:


·         Jenjang S2 ditempuh dalam waktu 4-6 semester

·         Jenjang S1 ditempuh dalam waktu 8-10 semester

·         Jenjang D3 ditempuh dalam waktu 6-8 semester



Kampus Sudirman
Gedung Program Magister Manajemen - 6 Lantai



Kampus Sudirman
Gedung Ekonomi dan Laboratorium - 10 Lantai


Kampus Sudirman
Gedung Ilmu Komputer - 9 Lantai