• Home
  • Buku Panduan V-Class

Buku Panduan V-Class

E-learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet/intranet/ekstranet) dan multimedia (grafis/audio/video) sebagai media utama penyampaian materi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar yang diatur melalui suatu sistem manajemen pembelajaran atau populer dengan istilah Content Management System (CMS)/ Learning Management System (LMS). Dengan diimplementasikannya e-learning, mahasiswa dapat mengakses materi kuliah dan melakukan pembelajaran mandiri. Dengan demikian, dosen dan mahasiswa mengakses sistem elearning tersebut dalam waktu yang bersamaan maupun berbeda.
Dalam implementasinya, e-learning bisa diposisikan sebagai substitusi, yaitu kegiatan pembelajaran 100% dilakukan secara online.
Dalam kondisi ini hampir 100% aktifitas dilakukan melalui elearning dimana setiap tatap muka diatur lengkap mulai dari sumber belajar, aktifitas, penugasan terstruktur, hingga ujian. E-learning juga dapat diposisikan sebagai komplemen atau suplemen kegiatan pembelajaran tatap muka konvensional. Dalam kondisi ini kegiatan tatap muka kelas tetap berjalan sedangkan e-learning hanya sebagai forum pengayaan dan komunikasi di luar kelas. Dosen dapat menaruh desain instruksional, sumber belajar online, diskusi di luar kelas, pengumuman pengiriman dan pengumpulan tugas.
Bagi Mahasiswa Baru Universitas IGM dapat mengunduh di link Buku Panduan V-CLASS TAHUN AJARAN 2020" Atau Pada Tab Menu download.