SAMBUTAN REKTOR



BERSAMA IGM UNTUK INDONESIA UNGGUL


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.


Perjalanan panjang yang telah dilalui sejak berdiri tahun 1999 yang dimulai dengan Sekolah Tinggi, telah menempa IGM menjadi Institusi yang tangguh menghadapi berbagai kesulitan dengan persaingan yang semakin ketat. Semakin banyaknya alumni yang sukses dalam menempuh karir dan dalam dunia usaha, semakin memperkokoh keberadaan IGM dalam dunia Pendidikan.
Memasuki tahun akademik 2016/2017, UIGM yang baru berusia 8 tahun sejak dikembangkan menjadi Universitas, terus melakukan pembenahan dalam rangka menyambut berlakunya era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2016. Pembenahan merupakan keniscayaan dalam kehidupan untuk mengantisipasi perubahan, terutama dimaksudkan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan professional yang siap berkompetisi di era keterbukaan baik dalam bidang ekonomi, sosial budaya, politik dan keamanan.

Beberapa langkah strategis yang dilakukan dalam jangka pendek, yaitu:

1.    Meningkatkan Jumlah Tenaga Pendidik dengan Kualifikasi Strata 2 dan Strata 3, untuk seluruh Program Studi.
2.    Mereview semua kurikulum yang disesuaikan dengan visi dan misi Program Studi, Fakultas dan Universitas, memenuhi kompetensi yang harus dimiliki manakala mahasiswa menyelesaikan masa studinya.
3.    Mengembangkan sistem informasi universitas berbasiskan web, yang bisa memenuhi semua kebutuhan stakeholders/Pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain: Kementerian Ristek & Dikti, untuk menjamin terpenuhinya semua persyaratan akademis sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi; BAN PT, untuk menjamin terpenuhinya kualitas Institusi dan Program studi; Dosen dan Mahasiswa, memudahkan proses transfer ilmu dengan memanfaatkan E-learning dan mencari referensi ilmu melalui E-Library, dan Masyarakat umum yang ingin mengenal lebih dekat tentang Universitas IGM.
4.    Menambah fasilitas perkuliahan berupa Gedung baru 10 lantai untuk Fakultas Ekonomi dan Laboratorum serta Gedung 5 lantai untuk Program Magister Manajemen, beserta seluruh peralatannya.
5.    Melaksanakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2008 secara konsisten dan berkelanjutan.
6.    Menetapkan Kompetensi Alumni untuk setiap Program Studi dengan kewajiban menguasai Bahasa Inggris dengan level TOEFL akan ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai minimal score 500.

Kompetisi yang semakin ketat antar Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan masuknya Perguruan Tinggi asing, merupakan tantangan bagi Universitas IGM untuk terus berpacu menjadi yang terdepan dan Terbaik di Wilayah Sumatera Selatan dan masuk dalam kelompok 100 besar Universitas terbaik di Indonesia dalam 5 tahun kedepan dari 4000 lebih Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Dalam masa dwi dasawarsa ke depan, Universitas IGM ditargetkan masuk dalam 500 Universitas terbaik di Dunia.

Jalan terbuka lebar, tugas manusia adalah berusaha, namun semuanya kembali kepada Ketentuan Yang Maha Kuasa. Kami yakin dengan dukungan semua Pihak, termasuk para alumni yang telah sukses dalam mencapai cita-citanya, dengan tetap berpegang teguh pada visi dan misi yayasan, tantangan dan hambatan apapun akan dapat diatasi dan peluang akan dicapai dengan memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan yang ada,Terimakasih.


JAYALAH INDO GLOBAL MANDIRI – JAYALAH NEGERIKU

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.