• Home
  • Berita
  • YSEALI Academic Fellowships Bidik Mahasiswa Universitas dan STEBIS IGM Kuliah di Amerika Serikat

Berita UIGM

YSEALI Academic Fellowships Bidik Mahasiswa Universitas dan STEBIS IGM Kuliah di Amerika Serikat


Senin, 21 Oktober 2019



Program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowships 2020 kembali diluncurkan.
Dimotori oleh Konsulat Jenderal (Konsul) Amerika Serikat, program YSEALI ini menyambangi Kampus Universitas - STEBIS Indo Global Mandiri. Dalam even tersebut, YSEALI memberikan kesempatan bagi kandidat terpilih untuk mengikuti kuliah singkat intensif di salah satu universitas atau perguruan tinggi di Amerika Serikat.
Selain memperdalam pemahaman tentang Amerika Serikat, program YSEALI juga dimaksudkan untuk meningkatkan skill kepemimpinan bagi penerima beasiswa. Sejumlah kegiatan yang diikuti di antaranya pengembangan kepemimpinan, studi tur pendidikan, kegiatan pelayanan masyarakat, serta kesempatan untuk terlibat langsung dengan rekan-rekan di Amerika.
Staf Ahli Bidang Politik Ekonomi Konsulan Jenderal Amerika Serikat (US Consul) Rachma Jaunirata, kedatangan mereka ingin memperkenalkan program pelajar dan mahasiswa ke Amerika Serikat sekaligus berdialog.
Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan sebuah jasa konsultasi pendidikan gratis yang disediakan untuk masyarakat Indonesia khususnya Sumatera terkait arahan serta mekanisme sekolah di Amerika Serikat. "Banyak program. Mereka akan mendapatkan pengalaman pelajaran. Jika lulus seleksi, mahasiswa akan mendapatkan mentoring sesi selama lima minggu disana," kata Rahma.
Menurutnya, mahasiswa Universitas - STEBIS IGM sendiri memiliki peluang yang baik. Terlebih mahasiswa memiliki pola pikir yang maju dalam bidang teknologi dan mudah untuk bersosialisasi. "Generasi muda sangat berpeluang ke Amerika Serikat. Ini kesempatan, tentunya kita harapkan mahasiswa IGM dapat lolos seleksi nantinya," paparnya.

Sementara, Kaprodi FKIP Bahasa Inggris Universitas IGM Palembang, Rudi Hartono menyebut jika dalam even kali ini, setidaknya diikuti 200 peserta mahasiswa baik itu Universitas maupun STEBIS IGM Palembang.
"Tentunya kita berharap mahasiswa memiliki informasi yang cukup dan tahu jika ada kesempatan untuk seleksi mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat. Apalagi mahasiswanya berasal dari IGM, tentu kita bangga" katanya.
Dalam kesempatan tersebut juga hadir dua mahasiswa Indonesia yang sempat mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam itu. Keduanya yakni Rangga Akbar Anggandara (2018 YSEALI Academic Fellow) dan Eka Meynia Helendri (2019 YSEALI Academic Fellow).
Keduanya mengaku bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar ke Amerika. "Jangan pernah takut untuk mendapatkan informasi dari manapun. Apalagi kalau teman teman mengerti passion sendiri. Jadi harus tetap melangkah," kata Rangga dan Eka. (andhiko ta)



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri