• Home
  • Berita
  • WRI (World Resources Institute) Gelar Roadshow Aplikasi Urundata di Kampus UIGM

Berita UIGM

WRI (World Resources Institute) Gelar Roadshow Aplikasi Urundata di Kampus UIGM


Sabtu, 27 April 2019



World Resources Institute (WRI) bekerjasama dengan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang telah melaksanakan Roadshow Aplikasi Urundata yang digunakan sebagai media pengumpulan data dengan melibatkan khalayak ramai (crowdsourcing). Pengumpulan data dilakukan dalam rangka mendukung rangkaian program restorasi bentang lahan di Sumatera Selatan, yang telah ditandatangani dalam Nota Kesepahaman antara Konsorsium RESTORE+ (WRI sebagai pelaksana program) dengan Konsorsium 10 Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan, Kamis (11/4/2019) di Hotel Emilia, Palembang.
Roadshow ini berlangsung di Ruang Aula, Kampus Sudirman, Universitas Indo Global Mandiri, Jalan Jend. Sudirman KM 4, No 629, Palembang, Selasa (23/4/2019). Roadshow ini merupakan kunjungan kedua dari sepuluh Perguruan Tinggi yang terlibat dalam Konsorsium Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan yang turut mendukung RESTORE+, setelah sebelumnya dilaksanakan di Universitas IBA (12/4/2019).

6c4b761a28b734fe93831e3fb400ce87.jpg

Roadshow Urundata diikuti oleh mahasiwa Univesitas Indo Global Mandiri, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komputer, dengan jumlah peserta mencapai 125 mahasiswa dari 6 Program Studi yang hadir, yang meliputi Prodi Survei dan Pemetaan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi.

02522a2b2726fb0a03bb19f2d8d9524d.jpg

Saya berharap peserta yang hadir ditempat ini dapat menyebarluaskan informasi yang diperoleh kepada teman-temannya. Pada prinsipnya semakin banyak orang yang mengakses aplikasi ini maka akan semakin banyak data yang terkumpul, semakin banyak data yang terkumpul maka akan semakin baik data yang dihasilkan dari program ini Pesan Chandra Irawadi Wijaya, S.Hut, M.Sc selaku Penanggung Jawab WRI Indonesia untuk Program Sumatera Selatan.

1afa34a7f984eeabdbb0a7d494132ee5.jpg

Urundata adalah sebuah platform pengumpulan data yang melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk menghasilkan data berkualitas tepat manfaat. Informasi yang dikumpulkan ini diharapkan dapat menjawab secara rinci masalah tutupan lahan, potensi restorasi bentang alam dan berbagai sektor lainnya. Hasil kajian yang diperoleh nanti diharapkan dapat membantu pengembangan berbagai opsi restorasi yang mempertimbangkan dampak lintas sektor seperti kesejahteraan masyarakat setempat, pembangunan ekonomi, ketahanan pangan, penyediaan energi, dan perlindungan keanekaragaman hayati.

1d7f7abc18fcb43975065399b0d1e48e.jpg
Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, John Roni Coyanda, M,Si, menyampaikan terima kasih karena telah melibatkan perguruan tinggi khususnya mahasiswa Universitas Indo Global mandiri untuk ikut berkontribusi dalam program ini, harapannya UIGM dapat terus berperan mendukung program-program WRI selanjutnya, mengingat UIGM memiliki dua Prodi yang menjadi satu-satunya yang ada di Sumatera Selatan, yakni Program Studi Perencanaan Wilayah Kota serta Program Studi Survei dan Pemetaan, yang secara langsung dapat mengapllikasikan proses link and match bagaimana kebutuhan di lapangan dengan teori yang diperoleh di perkuliahan.
Hal senada juga diungkapkan oleh Annisa Kurnia Shalihat, S.Si., M.Sc selaku Ketua Pelaksana Roadshow di Kampus UIGM, menyambut baik inovasi yang dilakukan WRI, proses membangun data khususnya di bidang informasi geospasial yang selama ini membutuhkan biaya mahal dan membutuhkan waktu yang lama, kini dapat diakses lebih mudah dengan biaya yang relatif murah. Pengumpulan data tidak lagi membutuhkan kualifikasi atau keahlian khusus, namun dengan kerelaan hati dan sifat partisipatif dapat menghimpun data yang berguna untuk analisa jangka panjang. Kegiatan ini juga membuka wawasan bagi mahasiswa untuk lebih berpikir kritis dan kreatif, bahwa ilmu yang diperoleh di dalam kelas ternyata dapat diwujudkan dalam bentuk lain yang lebih menarik dan berdampak luas.
Pengalaman mengunakan aplikasi Urundata juga disampaikan mahasiswa dalam Roadshow tersebut, Saya menjawab pertanyaan yang ada dalam aplikasi dari ciri-ciri khusus pada obyek yanng ditanyakan, misalnya dengan melihat pola teratur, bentuk tajuk pohon dan asosiasi dengan jalan, dari yang saya ketahui daerah tersebut saya definisikan sebagai area perkebunan, sehingga saya menjawab YA, menurut Saya aplikasi ini cukup mudah dilakukan dan menarik, testimoni dari salah satu mahasiswa Arsitektur yang berkesempatan mencoba aplikasi secara langsung.



Tinggalkan Komentar: