• Home
  • Berita
  • Workshop Penulisan Jurnal, Dosen Perguruan tinggi Bersinergi Publikasikan Penelitian untuk Kepentingan Masyarakat

Berita UIGM

Workshop Penulisan Jurnal, Dosen Perguruan tinggi Bersinergi Publikasikan Penelitian untuk Kepentingan Masyarakat


Rabu, 25 Desember 2019



Setiap dosen yang ada di perguruan tinggi diharap mampu membuat penelitian dalam jangka panjang. Tujuannya agar dapat memberikan kontribusi di tingkat perguruan tinggi.
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan, Prof Dr Tulus Suryanto menegaskan makin banyak karya karya dosen yang terpublikasi, diharapkan mampu dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi melalui sitasi baik dari internal perguruan tinggi internasional mampu menembus jurnal internasonal lainnya yang lebih baik lagi.
Dalam Workshop Penulisan Jurnal Manajemen Pengelolaan Jurnal Berbasis OJS dan Teknik Strategi Penulisan Karya Ilmiah Publikasi pada jurnal internasional yang digagas Kopertais Wilayah VII Sumbagsel bersama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) IGM, Jumat Sabtu (21/22) di Aula Lantai III Kampus B Universitas Indo Global Mandiri.
Tulus menilai jika berdasarkan sitasi kemampuan dosen menulis jurnal sudah cukup baik hanya saja harus dilakukan pengembangan dan dilakukan kerjasama antara mahasiswa dosen serta perguruan tinggi itu sendiri.
Menurutnya publikasi jurnal yang dilakukan oleh dosen masih bersifat personal untuk itu perguruan tinggi atau institusi wajib menyediakan sarana dan panggung atau bentuk seminar dan lainnya saat ini di Indonesia masih sangat sedikit sehingga membuat persaingan sesama dosen masih cukup besar untuk pembuatan jurnal.
Ia menegaskan, keberaan jurnal sangat penting agar dosen dapat mempublikasikan karya ilmiah mereka. Menurutnya, paper yang dibuat oleh dosen tidak hanya sekedar dibaca melainkan juga menjadi rujukan bagi masyarakat agar ilmu yang mereka raih dapat berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
Tidak hanya selesai dipublikasi, tapi juga dibaca secara luas dan dikenal secara personal hingga ke dunia internasional melalui Scopus dan wadah jurnal lainnya, tegasnya.
Menurutnya, sinergisitas antara mahasiswa dan dosen sangat diperlukan agar penelitian jurnal tersebut dapat berjalan maksimal. Mengingat mahasiswa memiliki waktu luang untuk memberikan kemampuannya. Tentu kita harap dosen dosen yang ada di perguruan tinggi di Indonesia dapat terus memanfaatkan manfaat agar jurnal mereka dapat berkiprah dan membawa nama baik perguruan tinggi itu sendiri, pungkasnya. (andhiko ta)



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri