Berita UIGM

USM Bersama Disambut Positif


Sabtu, 03 Juni 2017



Sebanyak 3 Perguruangan Tinggi Swasta (PTS) di kota palembang ikut serta dalam Ujian Saringan Masuk (USM) bersama yang dilaksanakan oleh Universitas Sriwijaya (Unsri) melalui penerimanan jalur mandiri. PTS yang ikut serta dalam USM Bersama yakni diantaranya Universitas Tridinanti Palembang, Universitas PGRI Palembang, Universitas Indo Global Mandiri Palembang.

Pendaftaran USM Bersama ini sudah dimulai 1 Juni 2017 hingga 15 Juli," Pelaksanaan tes USM Bersama tersebut akan digelar 18 Juli 2017 dan hasil pengumuman kelulusan USM Bersama akan diumumkan 21 Juli. Dalam pelaksanaan USM Bersama ini pihak Unsri dan tiga PTS yang bergabung membuka lima program studi dan untuk pilihan satu Perguruan Tinggi maksimum dua program studi (prodi) yang dipilih.

Rektor Unsri Prof.Dr.Ir. Anis Saggaff MSCE., menyampaikan "Intinya program ini untuk kebersamaan sehingga tidak ada lagi image bahwa PTN mengkotomi PTS, Sisi lain yang bisa diperoleh PTS yang bergabung dengan program USM Bersama ini nantinya bisa meningkatkan daya saing dari sisi minat akademik. Kami berharap program ini nantinya bisa lebih mendekatkan hubungan akademik PTN dan PTS". di KPA Unsri , Jumat, 2 juni 2017. Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh , John Roni Coyanda, S.Kom.,M.Si, wakil rektor 2 dan pak cik zen dari Universitas Indo Global Mandiri, Dr. Syarwani Ahmad Rektor Universitas PGRI Palembang, serta Dr. Ir. Hj. Nyimas Manisah,MP Rektor Universitas Tridinanti Palembang, dan Wakil Rektor II Unsri, Prof Ir H Zainuddin Nawawi PhD.

Dijelaskan, salah satu hal mendasar melatarbelakangi kolaborasi Unsri dan tiga PTS ini. Mengingat, selama ini Unsri hanya mampu menampung sekitar 20 persen dari total peserta tes masuk. Artinya, tersisa 80 persen peserta tes Unsri yang tak bisa tertampung bakal mencari PTS terbaik.

Untuk persyaratan peserta USM bersama yang sudah dibuka pendaftarannya mulai 1 Juni hingga 15 Juli 2017 ini sama seperti syarat seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Untuk panduan USM bersama ini, imbuh Anis, dapat dilihat melalui website usm.unsri.ac.id yang bisa di-download dengan pembayaran untuk biaya masuk yang bisa ditransfer via rekening BNI.

Wakil Rektor II UIGM Palembang, John Roni Coyanda MSi, berharap kerja sama ini bakal terus berlanjut di masa datang yang tentunya dapat menjadikan PTS, seperti UIGM, kian lebih maju dan berkembang lagi dengan menghasilkan alumni setara Unsri ke depan.



Leave a Comment: