• Home
  • Berita
  • Universitas Indo Global Mandiri mengikuti Pelatihan WebGIS dan Uji Kompetensi Bidang Informasi Geospasial

Berita UIGM

Universitas Indo Global Mandiri mengikuti Pelatihan WebGIS dan Uji Kompetensi Bidang Informasi Geospasial


Kamis, 14 Februari 2019



Hari Sabtu tanggal 9 Februari 2019, Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang bekerjasama dengan LSP Geospasial Regional Sumatera Selatan telah melaksanakan uji kompetensi untuk bidang Informasi Geospasial (IG) berdasarkan SKKNI IG 2017 yang berlangsung di Hotel Batiqa, Jalan A.Rivai No.219 Palembang. Uji kompetensi bidang Informasi Geospasial diikuti oleh tenaga pengajar, alumni dan mahasiswa tingkat akhir Program Studi Survei dan Pemetaan dan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik UIGM dan juga tenaga ahli konsultan di Provinsi Sumatera Selatan. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Sumi Amariena Hamim, ST, MT, IPM, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen lembaga untuk mencapai Visi Universitas IGM, yaitu menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritas untuk mengisi dan atau menciptakan peluang kerja,salah satunya di bidang IG.

LSP Geopasial merupakan lembaga yang memiliki lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan secara institusi terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). LSP Geospasial memiliki izin untuk melaksanakan uji kompetensi untuk bidang-bidang Sistem Informasi Geografis, Kewilayahan, Terestris, Kartografi dan Penginderaan Jauh. Pada tahun 2019, sesuai dengan PP. No. 10 tahun 2018 tentang BNSP, tenaga ahli diwajibkan untuk memiliki sertifikat kompetensi. Pada lingkup Pendidikan, Kemendikbud (saat ini Kemenristekdikti) mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81 tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi yang menjelaskan tentang pentingnya sertifikat kompetensi. Dengan demikian, dari berbagai lingkup pendidikan ataupun pekerjaan, setiap tenaga ahli dituntut untuk memiliki bukti keahlian yang dimiliki sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

Dalam rangkaian pelaksanaan uji kompetensi dan sebagai bagian dari peningkatan kompetensi para calon asesi khususnya untuk level analis utama (level 6), maka pada hari Jumat tanggal 8 Februari 2019 telah dilaksanakan pelatihan WebGIS berbasis Leaflet JavaScript yang bertempat UIGM Kampus Sudirman Palembang. Keluaran yang diharapkan dari pelatihan WebGIS adalah untuk meningkatkan kompetensi calon asesi dalam pengembangan SIG khususnya yang berbasis Web selain untuk menghasilkan portfolio yang memadai guna kelengkapan adminstrasi pada proses sertifikasi.

Uji kompetensi yang diikuti terdiri dari beberapa tahapan uji yaitu: ujian tertulis, ujian praktek, wawancara dan penilaian portfolio dimana berlangsung dari pagi hingga sore hari. Penugasan LSP Geospasial untuk uji kompetensi kali ini adalah asesor dari LSP Geospasial Pusat Dr. Edy Irwansyah yang merupakan asesor kompetensi BNSP dan pemegang sertifikat kompetensi Ahli Utama (Level 9) SIG dan Ahli Madya (Level 8) Penginderaan Jauh. Dr. Edy Irwansyah selain sebagai pengajar di Bina Nusantara University juga merupakan tenaga ahli SIG pada proyek pemerintah seperti di BIG, ATR/BPN dan BNPB.



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri