Berita UIGM

Universitas IGM "Sadari Pajak Sejak Dini"


Kamis, 12 April 2018



Pendidikan kesadaran pajak perlu ditanamkan sejak dini, sehingga pada saat menjadi wajib pajak, mereka dapat membayar dengan ikhlas dan merupakan wujud syukur. Demikian diungkapkan Kakanwil DJP Sumsel-Babel M Ismiransyah M Zain saat menjadi pembicara dalam seminar "Sadari Pajak Sejak Dini" yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) di Aula Lt. 3 Univesitas IGM Rabu, 11 April 2018.

Kepala Kanwil DJP Sumsel Babel M. Ismiransyah M. Zain yang akrab disapa Rendi menjelaskan tentang pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pajak dan juga keadilan membayar pajak. Rendi memaparkan tentang definisi pajak, jenis-jenis pajak pusat dan daerah, dasar hukum pemungutan pajak serta peran pajak dalam mendukung pembangunan bangsa.

Rendi mengingatkan, bahwa akademisi mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesadaran perpajakan dan keadilan membayar pajak di masyarakat. Kalangan akademisi mampu membantu DJP untuk mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat untuk lebih sadar akan hak dan kewajiban perpajakannya.

Acara dihadiri oleh lebih dari 250 (dua ratus lima puluh) civitas akademika UIGM yang terdiri dari Wakil Rektor (Warek) I John Roni Coyanda, M.Si, Warek II Dr. Sumi Amariena H., S.T., M.T., Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Luis Marnisah, M.M., kepala lembaga, kepala prodi, Dosen dan mahasiswa UIGM dari berbagai Program Studi. Dalam sambutannya Dr. Sumi mengatakan bahwa UIGM adalah salah satu bagian usaha Indo global Mandiri di bidang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

Dr. Sumi berharap dengan pelaksanaan kuliah umum perpajakan ini, mahasiswa UIGM dapat meningkatkan kompetensi di bidang perpajakan, menjadi insan yang sadar pajak dan dapat membagikan pengetahuan perpajakannya kepada keluarga dan masyarakat sekitar.

Dr. Luis Marnisah, M.M. Ia berharap, dengan pelaksanaan kuliah umum perpajakan ini, mahasiswa UIGM dapat meningkatkan kompetensi di bidang perpajakan. "Semoga kedepan, para Mahasiswa tersebut dapat menjadi insan yang sadar pajak dan dapat membagikan pengetahuan perpajakannya kepada keluarga dan masyarakat sekitar serta dapat membangun rasa untuk membayar pajak sejak dini sesuai dengan yang di katakan pembicara dalam paparannya," pungkasnya.



Leave a Comment: