Berita UIGM

Universitas IGM Kenalkan Teknologi LiDAR


Kamis, 22 Desember 2016



Melalui Kerjasama dengan PT. ASI Pudjiastuti Geosurvey, Fakultas Teknik, Universitas Indo Global Mandiri memperkenalkan Teknologi LiDAR kepada para mahasiswa Teknik UIGM, khususnya mahasiswa program Studi Geomatika dan Survei Pemetaan, untuk memahami perkembangan pemanfaatan teknologi LiDAR untuk berbagai kegiatan pemetaan. Kuliah Umum tersebut juga mengundang mahasiswa dari Fakultas Teknik, Universitas Swasta yang ada di kota Palembang. Demikian juga mengundang Bappeda dan instansi di lingkungan Kementrian Pekerjaan Umum tingkat provinsi dan Kota di Palembang dan Siswa SMK di lingkungan Kota Palembang yang mempunyai program studi Pemetaan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indoo Global Mandiri Palembang, Dr.Sumi Amariena Hamim, ST.,MT.mengatakan, sebagai mahasiswa yang akan ber kecimpung dalam dunia pemetaan, maka pengetahuan teknologi Lidar sangatlah diper lukan. Kegiatan ini juga se ba gai proses pembekalan mahasiswa untuk memahami pro ses pemanfaatan pelaksanaan teknologi Lidar. Ada 250 peserta yang mengikuti pengenalan ini, bah kan tidak hanya mahasiswa dari UIGM saja, tetapi kita juga libatkan mahasiswa lain dan siswa SMK yang mengambil jurusan berkaitan dengan ilmu pe metaan, katanya disela Kuliah Umum di Aula Kampus A Universitas Indo Global Mandiri Palembang, Selasa 20 Desember 2016.

Kuliah umum ini bertujuan memperkenalkan teknologi LiDAR untuk berbagai macam kegiatan pemetaan yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai keperluan dalam manajemen jaringan listrik tegangan tinggi, pemetaan kebun kelapa sawit dan perkebunan lainnya, pertambangan, dan jaringan Infrastruktur yang lain

Sementara itu, Pembicara Kuliah Umum Program Studi Survei dan Pemetaan UIGM Pelembang, Iwan Qodar Himawan mengatakan, mekanisme kerja teknologi Lidar adalah penggunaan laser yang di pancarkan melalui pesawat ter bang. Gelombang sinar tersebut lah yang dipantulkan ke bawah akan merekam dan mendata topografi (bentuk permukaan) dari wilayah yang disoroti oleh laser. Banyak manfaat dari penggunaan teknologi Lidar ini, seperti untuk keperluaan pemetaan kebun sawit, pertam bangan, hingga jaringan infrastruktur jalan. Dengan ke mampuan penembakan laser, menjadikan data yang di da patkan akan sema kin akurat dalam proses pemetaan, ujar nya.

Selain memperkenalkan teknologi LiDAR pada kuliah umum tersebut mahasiswa dapat memahami proses pelaksanaan pemanfaatan teknologi LiDAR, yang merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada program studi Pemetaan Fakultas Teknik UIGM dan juga peluang kerja yang dapat dilakukan oleh lulusan mahasiswa Program studi Geomatika dan Suvai Pemetaan dalam pelaksanaan pemotretan LiDAR. Kuliah di sampaikan oleh Listyo Fitri, Kepala Divisi Pengolahan data LiDAR PT. ASI Pudjiastuti, yang merupakan salah satu perusahaan yang telah banyak melakukan kegiatan pemetaan dengan teknologi LiDAR di Wilayah Sumatera Selatan, dalam bidang pertambangan, perkebunan, dan pemetaan lahan Gambut.



Leave a Comment: