• Home
  • Berita
  • UIGM - Universitas Terbuka Jajaki Kerjasama Metode E- Learning Bagi Mahasiswa

Berita UIGM

UIGM - Universitas Terbuka Jajaki Kerjasama Metode E- Learning Bagi Mahasiswa


Sabtu, 14 September 2019



Universitas Indo Global Mandiri melakukan sharing dan penjajakan kerjasama terkait metode perkulihan program E- Learning yang diterapkan Universitas Terbuka (UT) Palembang.
Diwakili oleh Sekretaris Rektor Dr Herri Setiawan MT, Ketua LPPM2MK Tertiaavini M.kom, Ketua Program Studi Magister Manajemen UIGM, dr Fahkry Zamzam, MM, MH dan Dekan Fakultas Ekonomi UIGM, Dr Luis Marnisah, MM beserta dua perwakilan lainnya, berdiskusi dengan Wakil Rektor I Universitas Terbuka, Dr. Mohammad Yunus, S.S., M.A dan Direktur Universitas Terbuka Palembang, Dr. Meita Istianda, S.I.P.,M.Si di Kampus Universitas Terbuka, Jumat (13/9/2019)
Ketua Program Studi Magister Manajemen UIGM, dr Fahkry Zamzam, MM, MH mengatakan, metode perkuliahan UT sendiri masih cukup berbeda ketimbang universitas yang ada di Indonesa. UT merupakan satu-satunya universitas yang diberi izin untuk penyelenggaraan pendidikan jarak jauh.
"Kuliah dengan konsep e-learning adalah kuliah menggunakan sistem tutorial (tatap muka dan online) dengan modul yang telah disediakan," ujarnya usai pertemuan.
Menurutnya, gaya belajar pun sangat jauh berbeda. Jika pada sistem perkuliahan regular, UIGM mengandalkan interaksi dengan dosen secara berulang-ulang, maka dalam e-learning setiap mahasiswa dituntut memiliki motivasi pembelajaran mandiri.
"Mahasiswa diarahkan untuk memiliki kreativitas sendiri, karena tidak ada yang mengawasi secara tegas. Ini yang membuat kita tertarik untuk terlibat dalam metode seperti ini," katanya.
Sementara, Dekan Fakultas Ekonomi UIGM, Dr Luis Marnisah, MM mengatakan, penjajakan dan sharing yang dilakukan dapat terus berlanjut dan terjalin kerjasama.
"Tentunya kita harapkan dari pihak Universitas Terbuka dapat berkunjung kembali ke Universitas IGM Palembang nantinya," kata dia. Tak hanya, itu, UIGM Palembang pun berharap nantinya akan terbuka keran pendidikan untuk menempuh strata 2 (S2) di Universitas Terbuka.
Wakil Rektor I Universitas Terbuka, Dr. Mohammad Yunus, S.S., M.A mengapresiasi kedatangan tamu dari UIGM Palembang untuk terlibat dalam E-Learning ini. Menurutnya, saat ini sudah ada delapan perguruan tinggi yang bergabung dalam program tersebut.
"Tentunya kita sambut dengan tangan terbuka. Apalagi UIGM memiliki fasilita penunjang yang sangat baik untuk kegiatan akademik - perkuliahan bagi mahasiwa. Peranan ini bisa terwujud jika nantinya mahasiswa UT akan mengikuti ujian online. Mungkin bisa saja UT memaksimalkan fasilitas ini. Tentunya tanpa mengganggu akvitas di UIGM sendiri," kata Yunus kepada IGMTVnews.com.
Ia menambahkan, program E-Learning tersebut merupakan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM) dengan UIGM mengirimkan data mahasiswa untuk diikutsertakan program tersebut dan matakuliahnya. Setelah itu diregistrasi ke UT. "Kita lalu memberikan pembekalan dan pelatihan. Mudah-mudahan, penjajakan awal ini bisa terus berlanjut dan bisa dibahas di UT pusat," pungkasnya. (andhiko ta)



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri