• Home
  • Berita
  • Tutoring at American Languange Institute : Teaching English to International Student Jadi Metode Peningkatan Skill Dosen - Mahasiswa

Berita UIGM

Tutoring at American Languange Institute : Teaching English to International Student Jadi Metode Peningkatan Skill Dosen - Mahasiswa


Minggu, 04 April 2021



Program Studi Bahasa Inggris dan Himprodis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Indo Global Mandiri (IGM) menggelar Tutoring at American Languange Institute : Teaching English to International Student.
Meski digelar secara online melalui aplikasi zoom meeting, ratusan peserta antusias mengikuti tutoring yang menghadirkan narasumber Candidate Composition and Applied Linguistics, Indiana University of Pennsylvania, Farzaneh Jahangiri, Ph.D. tersebut.
Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Jaya Nur Iman, M.Pd menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya sengaja memilih American Language Institute sebagai lembaga pembelajaran dalam webinar tersebut karena lembaga di Indiana University of Pennsylvania yang memiliki banyak tutor yang berasal dari berbagai negara dan memiliki keahlian berbeda sehingga mahasiswa bisa berkonsultasi dengan Tutor nya sesuai dengan masalah dan bidang nya khususnya terkait kemampuan berbahasa inggris.
2a79ea27c279e471f4d180b08d62b00a.55
Ia mengatakan, setidaknya ada 104 peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa, guru dan dosen yang sangat antusias dan tertarik dengan webinar tersebut. Ini bisa dilihat dari banyaknya diskusi dan pertanyaan yang diberikan kepada pembicara webinarnya, kataJaya, Rabu (31/3/2021).
Ia mengatakan, dalam diskusinya, Farzaneh menekankan pengalaman mengajar mahasiswa internasional di American Language Institute yang mana mereka memiliki beragam masalah terkait kemampuan berbahasa inggris dan juga harus memberikan solusi berdasarkan kebutuhan dan masalah yang dihadapin mahasiswa. Kita bisa bertukar pengalaman (sharing) seperti apa kondisi disana, ujarnya.
Dalam tutoring ini, diakuinya, sangat bermanfaat bagi dosen mahasiswa UIGM sendiri khususnya, bagaimana cara berkomuniasi yang baik terkait pengajaran dan pembelajaran bahasa inggris agar terciptanya suasana akademik bahasa inggris yang baik.
Sisi positifnya cukup banyak. Kegiatan webinar ini memberikan dampak yang positif bagi dosen dan mahasiswa karena mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh tutor ketika mengajar bahasa inggris pada mahasiswa internasional serta kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menarik bagi peserta didik yang ada di dalam kelas, paparnya.
Dengan kegiatan ini pun, ia berharap, baik dosen ataupun mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan strategi belajar dan mengajar baik akademik dan non akademik di kampus serta memiliki lembaga bahasa yang berfokus pada peningkatan kemampuan bahasi inggris mahasiswa seperti skillzone yang ada di Indiana University of Pennsylvania. (andhiko tungga alam) (igmtvnews.com)



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri