Berita UIGM

Seminar Politik Islam di LDK UIGM


Jum'at, 12 April 2019



Lembaga Dakwa Kampus (LDK) Universitas IGM Palembang mengadakan Seminar dengan tema Politik Islam dalam Pusaran Demokrasi Liberal untuk Memperkuat NKRI, Kebhinekaan dan Pancasila pada hari Rabu, 10 April 2019. Acara seminar ini menghadirkan pembicara Rektor Universitas IGM Palembang H. Marzuki Alie, SE, MM, Ph.D, Dosen FISIP UNSRI Dr. Ardiyan Saptawan, M.Si, Dosen UIN Raden Fatah Dr. M.Syawaludin, MH.Soc. Acara ini diikuti oleh LDK dari berbagai perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Selatan sebanyak 300 mahasiswa. Acara ini dipandu Moderator Isabella, S.IP, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya Universitas IGM.
Dalam penyampaian materinya H. Marzuki Alie menyampaikan keprihatinanya dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Saat ini kampus kampus dilarang berbicara mengenai politik padahal kehidupan masa depan bangsa ditentukan oleh keberhasilan generasi muda dalam mengetahui kondisi bangsa tidak terkecuali masalah politik. Beliau mengajak generasi muda khsusnya yang tergabung dalam LDK agar lebih memahami bahwa Politik Islam bukanlah suatu yang tabu untuk dibicarakan di kampus. Mengingat tahun ini mahasiswa sebagai pemilih pemula akan berpartisipasi dalam menentukan nasib bangsa lima tahun mendatang. Sementara mereka perlu dibekali pengetahuan, siapa yang akan dipilih ketika Pemilu nanti.
Sementara materi lainnya yang disampaikan Dr. Ardiyan Saptawan pada seminar ini adalah betapa pentingnya menjaga keutuhan NKRI, Bhineka Tunggal IKA, dan Pancasila ditengah keberagaman yang dimiliki Indonesia. Politik memberikan warna bagi Islam di Indonesia. Ajaran Islam memberikan pedoman bagaimana hidup berbangsa dan bernegara, sehingga demokrasi dapat terlaksana dengan baik di Indonesia.
Pemateri lainnya Dr. M. Syawaludin menyampaian bahwa Lembaga Dakwa Kampus harus memposisikan diri sebagai lembaga yang moderat, dapat menjadi penyeimbang dalam menyikapi politik yang berkembang saat ini.
Acara diisi dengan tanya jawab dan diberikan hadiah bagi penanya. Acara seminar ini diakhiri dengan foto bersama antara pemateri dan semua peserta seminar dan panitia.



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri