• Home
  • Berita
  • Penguatan Nilai Kebangsaan pada Pemilih Pemula

Berita UIGM

Penguatan Nilai Kebangsaan pada Pemilih Pemula


Kamis, 21 Maret 2019



Sebagai seorang yang mewakili Sumatera Selatan bertugas di DPD RI, Hj. Asmawati, SE, MM, terus berupaya untuk tetap amanah menjalankan tugasnya sebagai senator. Seperti kegiatan sosialisasi yang diadakan dengan tema Penguatan Nilai Kebangsaan Pada Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2019 Dalam sambutanya beliau mengatakan, dengan adanya wawasan kebangsaan tersebut generasi muda khususnya para mahasiswa untuk tidak melupakan empat pilar, bahwasanya Pancasila dan Undang-undang 1945, Bhineka Tunggal Ika dan juga NKRI. Apalagi menjelang Pemilu 2019 ini, karena semakin banyak informasi-informasi melalui berbagai media yang berupaya merusak situasi kedamaian bangsa ini. Untuk itulah perlu diadakan penguatan nilai-nilai kebangsaan ini.selain itu selalu kita himbau kepada siapa saja, baik mahasiswa, masyarakat maupun organisasi. Dan selalu kita dengung dengungkan itu bahwa sekarang gunakanlah hak pilih kita sesuai hati nurani kita, karena kita akan rugi kalau kita golput, jelasnya. Dirinya berharap dalam Pemilu serentak nantinya, masyarakat akan mendapatkan para calon-calon yang terbaik yang sesuai dengan apa yang diharapkan, yang mampu mensejahterakan masyarakat dan Negara Rebuplik Indonesia, harapnya.


Sementara itu, Komisioner KPU kota Palembang Divisi Hukum, Abdul Malik SHi MH yang hadir selaku narasumber dalam sosialisi tersebut menjelaskan bahwa, nilai kebangsaan merupakan nilai yang lahir atau bersumber dari Pancasila, UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seperti pada pasal satu ayat dua, yaitu kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar, Malik juga mengajak kepada pemili pemula untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu serentak nanti, mengingat jumlah pemili pemula yang cukup besar di kota Palembang. Partisipasi di kota Palembang sejak pemilu secara langsung cukup kooperatif. Untuk itu, mendongkrak partisipasi pemilih kami berharap partisipasi aktif para pemilih pemulah tidak hanya menggunakan hak dirinya saja, tetapi juga bisa mengawasi keberlangsungan pemilu di TPS dan juga menjadi penyelelenggara di tingkat TPS, jelasnya.


Acara ini bekerjasama dengan IKA FISIP UNSRI dan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya, Universitas IGM Palembang. Acara berangsung di gedung DPD RI Jakabaring Palembang, diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Paembang, seperti UIGM, UNSRI, UPGRI, UIN Raden Fatah, UBD, HMI. Acara dipandu oleh Moderator Dekan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya Universitas IGM, Isabella, SIP, M.Si




Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri