Berita UIGM

MoU Universitas IGM dengan Esri Indonesia


Senin, 19 Juni 2017



Grant Lisensi Esri Indonesia diberikan kepada Universitas IGM sebagai wujud menciptakan sinergi yang harmonis antara pihak swasta/industri dan perguruan tinggi dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pemanfaatan sumber daya Teknologi Geospasial yang dimiliki. Kerjasama yang ditandatangani pada hari Jumat tanggal 16 JUNI 2017 di Menara 165 Jakarta oleh Dr. Achmad Istamar, CEO Esri Indonesia dan Dr. H. Marzuki Alie Rektor Universitas IGM, dapat dimanfaatkan para dosen dan mahasiswa untuk kebutuhan praktikum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama mahasiswa di Fakultas Teknik program studi Survei dan Pemetaan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Ilmu Komputer program studi Teknik informatika, sistem Informasi serta Sistem computer.

Pemberian Hibah seluruh ArcGIS (ArcGIS Desktop, ArcGIS Enterprise, ArcGIS online) technical workshop, technology update ini menurut Dr. Achmad Istamar, sebagai upaya Esri Indonesia untuk mendukung kebijakan satu peta (one map policy) yang dicanangkan pemerintah dalam Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016, penyelesaian konflik pemanfaatan ruang dan dalam rangka mendorong penggunaan informasi geospasial guna pelaksanaan pembangunan nasional.

Dengan kerjasama ini diharapkan Dosen Universitas IGM dapat mentransfer ketrampilan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis praktis kepada Pemerintah Daerah khususnya pemerintah Kota Palembang dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, masyarakat umum dan pihak swasta kemudian digunakan untuk mengambil dan menentukan suatu kebijakan dalam perencanaan daerah/kota menuju Smart City.

Selain itu disampaikan Rektor UIGM dengan adanya hibah perangkat lunak dan capacity building dari Esri Indonesia, mahasiswa dan lulusan Universitas IGM akan mempunyai kompetensi dalam visualisasi, editing dan analisis data geospasial, programming ArcGIS, Building Application, ArcGIS for Server dan Web yang sangat banyak dibutuhkan di dunia kerja serta mampu bersaing di era MEA.



Leave a Comment: