Berita UIGM

Kuliah Umum Sandiaga Uno di Universitas IGM


Selasa, 21 Mei 2019



Universitas IGM mengadakan Kuliah Umum dengan tema Wirausaha di tengah Pusaran Milenial pada hari jumat, 17 Mei 2019 di Aula Kampus Sudirman lantai 3. Acara kuliah umum ini menghadirkan Rektor Universitas IGM Dr. H. Marzuki Alie, dan pembicara utama Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A, M.B.A. Acara ini dihadiri oleh Pengurus Yayasan IGM Hj. Asmawati, SE, MM, para kepala biro, dekan, kaprodi serta mahasiswa UIGM.

5f93f983524def3dca464469d2cf9f3e.jpg
Dalam sambutannya Rektor UIGM Marzuki Alie menyampaikan selamat datang kepada Sandiaga Uno sebagai tokoh nasional dan pengusaha sukses, karena sangat tepat untuk memotivasi mahasiswa di UIGM dalam mengembangkan kemampuan diri di bidang wirausaha. Pada kesempatan ini juga dijelaskan Yayasan IGM sudah memiliki beberapa lembaga pendidikan seperti Universitas, STEBIS, TK, SD, SMP, SMA, hingga pondok pesantren untuk anak yatim dan fakir miskin. Selain itu yayasan IGM juga memberikan beasiswa bagi Penghafal Al Quran, anak-anak kurang mampu. Alumni UIGM juga sudah banyak yang berhasil dan sukses meniti karier baik sebagai wirausahawan maupun bekerja di berbagai instansi pemerintah dan swasta.

82161242827b703e6acf9c726942a1e4.jpg

Dalam kuliah umumnya Sandiaga Uno menyampaikan paparanya, rasa terima kasih atas sambutan yang diiberikan kepadanya untuk bisa hadir di Universitas IGM. Lebih lanjut Sandiaga memaparkan perjalanan kariernya sebagai pengusaha berawal dari masa krisis ekonomi di Asia yang mengakibatkan dirinya di PHK dari perusahaan tempat dia bekerja. Kemudian termotivasi untuk membuat/menciptakan lapangan kerja sendiri. Bersama rekanya memulai usaha konsultan keuangan yang kecil-kecilan di wilayah Jakarta Selatan, Sandiaga menceritakan kondisi keprihatinan usaha yang baru dirintisnya itu. Dengan tiga orang karyawan 1997 dan usaha itu berkembang terus, kemudian beralih ke investasi infrastruktur, telekomunikasi, hingga 20 tahun usahnya berkembang dengan 30 ribu karyawan saat ini.

65ded5353c5ee48d0b7d48c591b8f430.jpg
Khusus bagi Palembang dan Sumatera Selatan yang kaya akan sumber daya alam, Sandi menjelaskan para milenial dapat memanfaatkan kondisi ini apalagi kota Palembang dengan julukan Venesia dari Timur dapat berubah menjadi lebih maju. Tidak terkecuali magi milenial yang ada di UIGM, dapat menajdi enterpreuner-enterpreuner muda dengan memanfaatkan era teknologi, semua serba internet terlebih lagi kita memasuki revolusi industri 4.0. Masa depan Indonesia 20 tahun lagi ditentukan oleh kamum milenial karena kita mengalami bonus demografi, 1/3 populasi penduduk Indonesia dalah milenial. Peluang ini harus kita manfaatkan, untuk menjadi milenial-milenial yang sukses.



Tinggalkan Komentar: