• Home
  • Berita
  • Kemenkop dan UKM Luncurkan Gerakan Mahasiswa Pengusaha

Berita UIGM

Kemenkop dan UKM Luncurkan Gerakan Mahasiswa Pengusaha


Kamis, 08 Maret 2018



Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan Gerakan Mahasiswa Pengusaha bersama 59 perguruan tinggi dari sembilan provinsi. Gerakan ini bertujuan menumbuh dan mengembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Pada peluncuran ini, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan para rektor dari 59 perguruan tinggi serta Kelompok Media Bali Post menandatangani kesepahaman bersama, Selasa (6/3/2018) di Denpasar, Bali.

Menteri Puspayoga mengatakan, mahasiswa atau generasi milenial pada umumnya, memiliki potensi besar untuk tumbuh menjadi wirausaha atau entrepreneur.

"Ciri generasi milenial itu antara lain memiliki kepercayaan diri dan kreativitas yang tinggi, serta jaringan yang luas. Ini adalah ciri-ciri seorang entrepreneur, tinggal dipoles sedikit saja maka jadilah ia entrepreneur," katanya.

Namun, generasi milenial juga memiliki kelemahan, antara lain, tidak begitu suka menabung, cenderung lebih suka ke kafe atau kongkow sambil main gadget.

"Hal-hal ini yang harus diperbaiki, bagaimana merubah kelemahan itu menjadi satu kelebihan. Kalau itu bisa dilakukan maka saya optimistis generasi milenial akan jadi generasi yang produktif," katanya.

"Gerakan kewirausahaan sejalan dengan program Presiden Jokowi bahwa pertumbuhan ekonomi harus diikuti dengan pemerataan kesejahteraan," kata Puspayoga.

Gerakan Mahasiswa Pengusaha diikuti sebanyak 1.400 orang mahasiswa dari 59 perguruan tinggi dari sembilan provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Bali.



Tinggalkan Komentar: