• Home
  • Berita
  • Dinas PUPR Kota Palembang Libatkan UIGM Gelar Bimtek Hasil Sondir

Berita UIGM

Dinas PUPR Kota Palembang Libatkan UIGM Gelar Bimtek Hasil Sondir


Sabtu, 12 Oktober 2019



Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),menggelar bimbingan teknis metode perhitungan CBR tanah dan Hasil sondir, di Hotel Aston Palembang. (10/10/2019)
Margua Fauzi,ST. MT, dosen Teknik Sipill Univeristas Indo Global Mandiri (UIGM) saat menjadi narasumber bimbingan teknis tersebut mengatakan bahwa, pengujian Sondir merupakan salah satu pengujian penetrasi yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan serta mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras, hal ini dimaksudkan agar dalam mendesain pondasi yang akan digunakan sebagai penyokong kolom bangunan diatasnya memiliki faktor Keamanan (safety factor) yang tinggi sehingga bangunan diatasnya tetap kuat dan tidak mengalami penurunan atau settlement yang dapat membahayakan dari sisi keselamatan akan bangunan dan penghuni didalamnya.
"Banyak terjadi kegagalan struktur bangunan yang roboh atau runtuh akibat tidak diperhatikan pentingnya Pengujian soal test ini, untuk itu sangat di sarankan untuk melakukan pengujian tanah (sondir) ini, sehingga dapat didesain jenis pondasi yang aman dan efektif sesuai dengan karakteristik tanah dari bangunan yang akan dibangun." Jelasnya.
Ditambahakanya lagi, alat ini telah lama di Indonesia dan telah digunakan hampir pada setiap penyelidikan tanah pada pekerjaan teknik sipil karena relatif mudah pemakaiannya, cepat dan ekonomis.
"Sesungguhnya alat uji sondir ini merupakan representase atau model dari pondasi tiang dalam skala kecil. memprediksi lokasi atau kedalaman tanah keras dengan suatu batang." ujarnya(ali alfarizi)



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri