• Home
  • Berita
  • BPK Goes to Campus Universitas Indo Global Mandiri

Berita UIGM

BPK Goes to Campus Universitas Indo Global Mandiri


Rabu, 27 Maret 2019



Rabu 20 Maret 2019 berlangsung kuliah umum tentang Peran BPK dan DPR. Kuliah umum yang digelar UIGM ini merupakan pelaksanaan kerjasama penyelenggaraan kegiatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Goes to Campus. Tema kuliah umum adalah Peran BPK dan DPR dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara", di Aula Lantai 3 Universitas Indo Global Mandiri (UIGM), Kampus Sudirman Palembang.
Adapun narasumber dalam kuliah umum ini antara lain Ir Achmad Hafisz Tohir (Wakil Ketua Komisi XI DPR RI), Prof Dr Harry Azhar Azis MA (anggota VI BPK RI), dan Dr H Marzuki Alie SE MM (Rektor Universitas IGM).
menurut Hafisz, sebagai mitra BPK, Komisi XI akan terus mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Terlebih dalam peran bugeting, wakil rakyat bisa menolak rancangan APBN, sehingga pemerintah menggunakan APBN tahun sebelumnya. Secara strategis fungsi DPR sangat penting dalam hal bageting ini, berbeda memang dengan fungsinya legislasi yang setara dapat mengajukan UU sebagaimana dengan eksekutif,
Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman mengenai tugas, fungsi, dan peran BPK dan DPR dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dan menjalin dialog yang positif antara BPK dan civitas akademisi sebagai salah satu langkah untuk bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.



Tinggalkan Komentar: