• Home
  • Berita
  • Bimbingan Teknis Penyusunan Dan Pemeliharaan Skema Sertifikasi Kompetensi

Berita UIGM

Bimbingan Teknis Penyusunan Dan Pemeliharaan Skema Sertifikasi Kompetensi


Jum'at, 09 November 2018



Bimbingan Teknis Penyusunan dan Pemeliharaan Skema Sertifikasi Kompetensi dengan tema : MENGEMBANGKAN SKEMA SERTIFIKASI KOMPETENSI DENGAN KEMASAN KKNI, OKUPASI DAN KLASTER, di Universitas Indo Global Mandiri diselenggarakan selama 2 hari tanggal 6-7 November 2018 diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Universitas Indo Global Mandiri. Dengan narasumber Ketua Komisi Pelaksanaan Sertifikasi BNSP Ir. Drs. Asrizal Tatang, MT.

(Dr. Sumi Amariena Hamim, ST, MT Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) Skema sertifikasi profesi merupakan persyaratan sertifikasi spesifik yang berkaitan dengan kategori profesi/ profil lulusan yang akan dihasilkan oleh program studi yang ditetapkan dengan menggunakan standard dan aturan khusus serta prosedur yang sama.
Tujuan sertifikasi profesi ini untuk memastikan dan memelihara kompetensi semua mahasiswa, peserta didik dan lulusan Universitas IGM yang telah didapat melalui proses pembelajaran baik formal, non formal, pelatihan kerja, ataupun pengalaman kerja. Karena dalam dunia kerja nantinya kompetensi lulusan UIGM harus dipelihara, untuk tetap kompeten

Menurut Ir. Drs. Asrizal Tatang, MT., kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar karena komitmen dan dukungan penuh oleh pimpinan tertinggi Rektor UIGM Dr. H. Marzuki Alie, SE, MM beserta jajaran sehingga para peserta Bimbingan Teknis melaksanakan kegiatan ini dengan sangat antusias dalam tempo waktu yang relatif tidak lama, dan penyusunan skema sertifikasi yang dikaitkan dengan kurikulum yang ada telah berhasil.

Dalam kegiatan Bimbingan Teknis ini telah disusun skema sertifikasi kompetensi dari 14 program studi yang terdapat di 5 Fakultas UIGM, yaitu Fakultas Ilmu Komputer 6 skema, Fakultas Ekonomi 7 skema, Fakultas Teknik 10 skema, Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya 3 skema serta Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1 skema dan Stebis IGM 1 skema. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pelatihan asesor berbasis skema bagi pengajar UIGM dan sekaligus penyusunan perangkat asesmen yang akan digunakan dalam proses asesmen di LSP UIGM..

Harapannya dengan adanya skema ini proses pembelajaran lebih terarah dan profil lulusan yang direncanakan oleh masing-masing prodi bisa tercapai dan pada akhirnya semua lulusan UIGM yang dihasilkan akan memiliki kompetensi sesuai dengan Visi Misi UIGM, yaitu menghasilkan Sumber daya manusia profesional dan berintegritas untuk mengisi dan atau mencipatakan peluang kerja.



Tinggalkan Komentar: