• Home
  • Berita
  • Assesment Lapangan Melalui Daring, BAN PT Minta Perguruan Tinggi Siapkan Berkas Digital

Berita UIGM

Assesment Lapangan Melalui Daring, BAN PT Minta Perguruan Tinggi Siapkan Berkas Digital


Kamis, 10 September 2020



Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) meminta kepada pihak yang akan menjalani Assesment Lapangan (AL) untuk menyiapkan berkas berkas digital mereka sebagai salah satu syarat perolehan akreditasi di masing masing perguruan tinggi maupun program studi.
Direktur Dewan Eksekutif BAN PT, Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc, PhD menyebut jika kelengkapan digital yang harus dikumpulkan oleh setiap PT maupun prodi tidak akan mengurangi mutu yang sebelumnya dilakukan dengan metode konvensional.
Pandemi Covid-19 ini sedikit mengubah assesment lapangan yang harus dilakukan oleh assesor. Saat ini pun, pertemuan secara virtual dan daring juga diperbolehkan. Hanya saja tetap berdasarkan catatan dan koridor yang ada, ujarnya dalam pertemuan persiapan AL Daring Program Studi Batch 12 melalui media video conference aplikasi Zoom, Selasa (8/9/2020).
Menurutnya, pertemuan yang digelar tersebut sekaligus memberikan sosialisasi kepada setiap PT dan Prodi untuk memahami bagaimana prosesnya untuk memperoleh akreditasi tersebut.
Untuk assesment lapangan, kita full daring. Tidak ada yang di kampus. Untuk visitasi pun, akan dilakukan dengan berkas digital. Asesor akan diberikan akses terbatas untuk memeriksa dokumen tersebut dengan periode waktu, katanya.

Salah satunya dengan melihat video dan foto foto PT termasuk Universitas Indo Global Mandiri serta program studi perguruan tinggi lainnya. Dengan teknologi inilah bisa mendukung assesor menjalankan tugasnya, kata dia.
Ia menegaskan, jika raihan akreditasi ini diharap tidak hanya mengejar target peringkat melainkan untuk mengetahui level mutu perguruan tinggi ataupun program studi tersebut sampai sejauh mana.
Inilah yang menjadi dasar untuk dilakukannya perbaikan serta peningkatan mutu pendidikan kita di masa yang akan datang. Harus saling percaya dan berusaha jika pendidikan Indonesia berkualitas, pungkasnya. (andhiko tungga alam) (igmtvnews.com)



Tinggalkan Komentar:


Berita Lainnya


Galeri