• Home
  • Berita
  • "Academic Writing: Everyone is a writer" Universitas Indo Global Mandiri

Berita UIGM

"Academic Writing: Everyone is a writer" Universitas Indo Global Mandiri


Kamis, 11 Juli 2019



Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas IGM mengadakan workshop dengan tema Academic Writing dengan narasumber asal Amerika yaitu Mr. Phillip Parish. Workshop ini diikuti 25 mahasiswa Prodi Bahasa Inggris dan beberapa doseSenin 7 Juli 2019. Acara dilaksanakan pada pukul: 09.00-12.00 di Ruang 502 Lantai 5.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa terutama dalam menulis untuk keperluan akademik. Narasumber, Philip yang menyelesaikan study nya di jurusan Bahasa Inggris di Baptist Missouri University, USA dan pernah bekerja sebagai Writing Coach di Missouri Baptist University Writing Lab. Dalam presentasi nya ia berusaha mengembangkan kemampuan menulis mahassiwa dan dan upaya agar menjadi percaya diri dalam menulis.
Ia mengatakan meningkatkan kemampuan menulis bisa dilakukan dengan mengkonsepkan menulis seperti layaknya seorang arsitek dimana, penulisan akademik membutuhkan fondasi dan struktur yang kuat agar bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas. Melalui workshop ini, peserta belajar bagaimana menggunakan bahasa mereka sendiri ketika menulis, memahami konsep, unity, coherence, and cohesion. Serta mampu menggunakan kalimat yang bervariasi.

698d51a19d8a121ce581499d7b701668.jpg

Peserta juga belajar hal-hal mendasar terkait tata Bahasa dalam menulis seperti adjective clause, adverb clause, peserta juga belajar mengembangkan ide, cara membuat claim. Peserta workshop juga belajar membedakan strong dan weak claim. Workshop ini narasumber ditemani oleh 4 orang teman nya yang juga asli Amerika yang membantu memfasilitasi workshop ini menjadi lebih efektif, karena dibagi dalam kelompok-kelompik kecil, terdiri dari 3 atau 4 mahasiswa saja dengan 1 fasilitator.
Program studi Bahasa Inggris akan terus selalu meningkatkan kemampuan mahasiswa nya dengan menghadirkan acara akademik yang bermanfaat dan dapat memberikan kesempatan mereka untuk menambah ilmu Bahasa Inggris dan sekaligus mempraktekkannya langsung, misalnya dengan berkomunikasi dengan penutur Bahasa Inggris langsung.



Tinggalkan Komentar: